Ayo Kenali Jenis-jenis Awan dan Juga Karakteristiknya

Ayo Kenali Jenis-jenis Awan dan Juga Karakteristiknya

Mengenal jenis-jenis awan

Jenis awan dibagi menjadi 3 bentuk dasar yaitu Cirrus, Cumulus, dan Stratus. Cirrus berbentuk seperti rambut atau serat. Cumulus memiliki bentuk seperti gumpalan atau timbunan menumpuk. Sedangkan stratus memiliki bentuk seperti lapisan atau lembaran.

Awan Jenis Cirroculumbus

Jenis awan ini terus berubah sepanjang waktu, maka dari ketiga dasar tadi terjadilah beberapa kombinasi yang terdiri dari Cirrus dan Cumulus bernama Cirrocumulus, yang mempunyai bentuk seperti serat saling menumpuk. Cirrocumulus mempunyai bentuk layaknya ombak yang putus-putus dan terbuat dari kristal es, sehingga air yang dihahsilkan akan terasa dingin.

Jenis Awan Cirrostratus

Merupakan perpaduan awan Cirrus dan Stratus. Jadi, awan ini terbentuk dari awan cirrus yang halus, kemudian bersatu dan membentuk lembaran. Biasanya, awan ini memiliki ukuran yang sangat luas dan sulit untuk diidentifikasi karena terlalu tipis. Selain itu, biasanya awan ini juga menandakan akan datang hujan pada saat cuaca panas.

Awan Nimbus

Adalah perpaduan antara awan stratus, cumulus, dan cirrus yang bernama awan nimbus. Jenis ini biasanya membawa hujan, berwarna abu-abu gelap, teksturnya tebal dan merata. Juga akan menutup sinar matahari secara luas dan menimbulkan suasana mendung.

Cumulonimbus

Bentukya cukup besar dan menjulang tinggi seperti pohon. Cumulonimbus memiliki warna putih, hingga abu-abu sangat gelap dan biasanya membawa muatan air ataupun kristal es yang cukup banyak. Jika awan ini muncul menandakan akan ada hujan badai disertai dengan petir.

Statocumulus

Berikutnya adalah awan stratocumulus yang merupakan perpaduan antara Cumulus dan  Stratus, jadi awan ini terbentuk dari sekumpulan  awan cumulus yang kemudian menyebar membentuk lapisan seperti selimut bertumpuk. Namun awan ini tidak menimbulkan hujan.

Altocumulus

Berbentuk seperti bola-bola salju yang menyebar di langit. Terkadang awan ini  berbentuk teratur dan juga lucu, tetapi di balik itu, awan ini merupakan pertanda badai petir. Dan biasanya ditemukan di ketinggian yang cukup rendah.

Altostratus

Mempunyai bentuk yang seperti lembaran tipis, dan terkadang membentuk sebuah jalur yang cukup unik, dan biasanya berwarna putih sampai abu-abu, namun terkadang masih dapat ditembus oleh sinar matahari da biasanya membawa hujan ringan.

Leave a Comment